Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah

Diposting pada

Sering kali kita bingung ketika diperintahkan guru atau dosen untuk membuat sebuah makalah. Perlu kamu tahu, setidaknya terdapat 8 struktur makalah yang salah satunya yaitu “kata pengantar” yang kerap kali membuat bingung bagi orang pertama kali membuatnya karena belum pernah melihat contoh kata pengantar makalah.

Tetapi tenang karena contoh pengantar makalah yang akan kami bagikan bisa langsung anda copy dan paste ke makalah yang sedang dibuat, serta bukan hanya saja contoh kata makalah yang dibahas disini, melainkan juga bahasan-bahasan lain terkait dengan makalah seperti pengertian, manfaat, struktur, jenis, karakteristik, dan bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar.

Pengertian Makalah

Makalah adalah karya tulis yang mengandung pemikiran mengenai suatu topik atau malah tertentu yang ditulis secara sistematis dan selaras disertai dengan analisis yang logis dan objektif.

Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai sifat/ciri ilmiah objektif, berdasarkan fakta, sistematis, tidak memihak, dan logis. Makalah itu ditulis untuk disajikan di dalam forum ilmiah atau tugas yang terstruktur.

Manfaat Makalah

Lalu apakah manfaat dibuatnya makalah? diantaraya:

  • Belajar memahami sebuah masalah dan berusaha mencari jalan keluar.
  • Menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari untuk dipraktekkan di lapangan.
  • Membuka pikiran agar memahami permasalahan yang ada di lapangan.

Jenis-Jenis Makalah

  1. Makalah Deduktif, yaitu makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas)
  2. Makalah Induktif, yaitu makalah yang disusun berdasarkan data empiris, didapat dari lapangan yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.
  3. Makalah Campuran, yaitu makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.

Karakteristik / Ciri-Ciri Makalah

Diantara karakteristik makalah yaitu:

  • Memperlihatkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari beragam sumber yang digunakan.
  • Mendemonstrasikan kemampuan untuk meramu beragam sumber informasi di satu kesatuan sintesis yang lengkap.
  • Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa mengenai masalah teoritik yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prinsip, teori, atau prosedur yang berkaitan dengan perkuliahan.
  • Adalah hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan sebuah kegiatan lapangan yang cocok dengan meliputi permasalahan sebuah perkuliahan.

Sistematika Penulisan / Susunan Makalah

contoh kata pengantar makalah singkat

Secara umum, struktur makalah terdiri dari :

  1. Cover / Bagian Sampul Makalah: terdiri dari judul, logo kampus/universitas, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, dan tahun kapan makalah di buat.
  2. Kata Pengantar: diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Allah SWT, sedikit gambaran tentang makalah, ucapan terima kasih, dan biasanya terdapat pula harapan penulis/permintaan sumbangsih saran dan kritik.
  3. Daftar Isi: berisi poin-poin yang terdapat dalam makalah beserta nomor halamannya.
  4. BAB I Pendahuluan: Secara umum memuat mengenai gambaran umum tentang makalah, masalah yang akan dibahas, latar belakang. Struktur di BAB I ini meliputi :
    • Latar Belakang: Memakai kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus.
    • Rumusan Masalah: berisi rumusan apa yang kamu bahas dalam makalah.
    • Maksud dan tujuan: berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.
  5. BAB II Pembahasan:  disini permasalahan akan dibahas tuntas. Bagian ini adalah bagian dari isi sesungguhnya makalah. Harus dipaparkan fakta-fakta untuk memperkuat tulisan, serta kajian referensi dari berbagai penulis untuk mendukung gagasan yang diangkat.
  6. BAB III Penutup: Berisi kesimpulan dari pembahasan yang dibahas pada BAB II. Ada juga yang menambahkan saran.
  7. Daftar Pustaka:  Berisi daftar referensi rujukan yang dimbil. Bisa berupa buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan sebagainya. Kamu harus memperhatikan kaidah atau aturan penulisan daftar pustaka.
  8. Lampiran: Lampiran tidak harus ada. Tapi kamu bisa melampirkan data-data pendukung seperti foto-foto kegiatan, dan sebagainya.

Kriteria Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Yuksinau.id sengaja memberikan kriteria ini agar kamu bisa memilah dan memilih contoh mana yang paling bagus dan benar tentunya. Diantara kriteria bagus tidaknya contoh kata pengantar yaitu yang berisi:

  • Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Penjelasan adanya tugas penulisan karya ilmiah.
  • Penjelasan mengenai tugas apa yang dikerjakan didalamnya.
  • Penjelasan pelaksanaan penulisan karya ilmiah.
  • Penjelasan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari seseorang, sekelompok orang, atau organisasi/lembaga.
  • Mengucapkan rasa terimakasih kepada seseorang yang sudah memberikan dukungan atau bantuan dalam mengerjakan karya tulis ilmiah dan makalah tersebut.
  • Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu,
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis, tanpa ditambah tanda tangan.
  • Harapan penulis atas karangan tersebut.
  • Manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan saran.

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat #1

contoh kata pengantar makalah yang baik

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyanyang. Kami panjatkan puji syukur kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-NyA kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ini sudah kami susun dengan maksimal dan mendapat bantuan dari berbagai pihak sehingga bisa memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari segala hal tersebut, Kami sadar sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karenanya kami dengan lapang dada menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya ini bisa memberikan manfaat maupun inspirasi untuk pembaca.

Jakarta,  07 Januari 2018

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik #2

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmatNya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Kami berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk para pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kami yakin masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Jakarta, 02 Februari 2018

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Menarik #3

contoh kata pengantar makalah agama

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat”. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Manarul, M.Pd, selaku kepala sekolah Yuksinau, yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.
  2. Bapak Demas, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
  3. Ibu Siti, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan, kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari pembaca sangat kami butuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

Jakarta, 20 Maret 2018

 

Bara Mukti

Contoh Kata Pengantar Makalah Ringkas #4

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga kami bis menyelesaikan makalah mata kuliah “KIMIA DASAR”. Shalawat serta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni Al-Qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.

Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Kimia Dasar di program studi teknik lingkungan Fakultas teknik pada Universitas Indonesia. Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dra. Nikmah, Msi selaku dosen pembimbing mata kuliah Kimia Dasar dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Jakarta, 05 Juni 2018

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama Lengkap #5

Puji syukur tidak henti-hentinya penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT berkat anugerah-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah yang berjudul “Tujuan Dakwah” ini.

Beragam nilai yang terdapat dalam islam begitu universal serta mewakili banyak permasalahan kehidupan. Dan islam ada bertujuan untuk didakwahkan, karena tujuan utama dakwah yaitu mengajak ke jalan yang benar.

Seiring berkembangnya zaman, beragam nilai ajaran islam yang universal dan indah sudah mulai ditolak dengan beragam alasan. Salah satunya yaitu faktor psikologis. Dimana manusia di zaman globalisasi ini sudah semakin sulit untuk menerima materi yang sulit ditangkap oleh logika.

Sementara materi dakwah merupakan suatu komponen penting dalam berdakwah. Da’i dituntut untuk dapat memilih sekaligus menentukan materi secara hikmah akan mudah dicerna dan didengar serta dilaksanakan oleh mad’u.

Namun melihat kompleksitas yang terjadi terhadap mad’u saat ini. Tidak jarang para da’i berdakwah dengan memberikan sedikit bumbu gurauan agar dakwahnya berhasil.

Tidak sedikit pula, berbagai gurauan sang da’i dikeluarkan secara berlebih daripada inti dari materi dakwah tersebut. Karena gurauan itulah yang dianggap menjual. Lantas, bagaimana dengan tujuan islam yang hakikat dakwahnya untuk mengajak ke jalan yang benar? Apa para da’i tersebut salah?

Mungkin dalam melaksanakan tujuan dakwah tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa para da’i perlu mempunyai prinsip-prinsip yang harus dipegang sehingga dapat melanjutkan risalah kenabian yaitu mengajak ke sebenar-benarnya jalan melalui implementasi amar ma’ruf nahi mungkar.

Oleh karena itu, makalah ini kami sampaikan untuk menjawab problematika tersebut. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Manarul Hakim, M.Si yang berperan sebagai dosen pembimbing mata kuliah Hadits Dakwah.

Kami menyadari bahwa makalah ini belum sempurna, pepatah mengatakan “Tak ada gading yang tak retak“, oleh karenanya kami memohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini.

Kami harap semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Khususnya semoga bisa menambah wawasan mengenai prinsip dakwah dalam islam.

Kepada seluruh pembaca yang bersedia memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun dalam rangka penyempurnaan makalah ini selanjutnya, kami buka tangan selebar-lebarnya untuk apresiasi tersebut dengan hati yang terbuka dan ucapan terima kasih.

Aceh, 18 November 2018

 

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *